Selasa, 26 Januari 2016
Label:
Teori Organisasi Umum 2
PT Media Nusantrara Citra Tbk (MNCN) merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang media, penyiaran dan periklanan. Perseroan berdiri pada tahun 1997 dan melantai di bursa efek pada tahun 2007. Saat ini perseroan memiliki 3 stasiun Free To Air yaitu RCTI, MNC TV, Global TV dan satu stasiun baru yang launching di Desember lalu yaitu Sindo TV. Berikut adalah aspek-aspek efisiensi di Media Nusantara Citra Tbk
PT Media Nusantara Citra Tbk, atau MNC, telah mengoperasikan 4 dari 11 stasiun free-to-air (FTA) TV dan memiliki bisnis inti dalam memproduksi dan mendistribusikan konten - konten televisi. Perseroan yang didirikan pada tanggal 17 Juni 1997 merupakan perusahaan publik yang sahamnya telah tercatat dalam Bursa Efek Jakarta (BEI) sejak tanggal 22 Juni 2007, dengan kode saham 'MNCN'.
Selain 4 stasiun TV FTA Perseroan – RCTI, MNCTV, GlobalTV dan iNewsTV – serta 22 channel yang disiarkan di TV-berlangganan MNC Channel. MNC juga memiliki radio, media cetak, talent management dan perusahaan produksi TV, dimana kegiatan usaha tersebut mendukung penuh fokus inti bisnis dari MNC sehingga Media Nusantara Citra Tbk atau MNC bisa dibilang rajanya media dan konten.
Dalam kegiatan bisnis di media televisi, perseroan telah melakukan positioning terhadap tiga stasiun Free To Air, antara lain:
- RCTI akan cenderung ke serial drama
- MNC TV lebih kompleks dengan program serial drama dan animasi anak-anak
- Global TV menekankan ke film-film Hollywood dan event anak muda
New Opportunity in Sindo TV and content
Pada akhir tahun lalu, perseroan telah melakukan launching perdana untuk stasiun TV nasional yaitu Sindo TV. Stasiun TV ini telah memiliki 46 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, fokus utama acara di Sindo TV adalah berita yang terintegrasi dengan grup MNC. Meskipun masih baru, perseroan menargetkan pendapatan pada tahun ini sebesar US$ 20 juta atau berkontribusi sekitar 3% terhadap total pendapatan perseroan. Selain itu, perseroan saat ini memiliki konten hingga 130.000 jam, sehingga peluang bagi perseoran untuk menambah konten lebih banyak.
Efisiensi di Media Nusantara Citra Tbk
Pengertian Efisiensi
Efisiensi adalah Perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input).
Efesiensi merupakan syarat atau ukuran pelaksanaan kerja yang paling tepat sehingga O&M sebagai bantuan teknis dan praktis dalam pelaksanaan fungsi manajemen bisa berjalan lancar yaitu pemaksimalan manfaat sumber-sumber yang dimiliki.
Syarat-syarat Tercapainya Efesiensi
- Efektif
Kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas
Kinerja MNCN pada 3Q14 mengalami pertumbuhan sebesar 6.2% YoY menjadi Rp5,04 triliun dari periode sebelumnya sebesar Rp4,74 triliun. Laba bersih perseroan in line dengan kenaikan sebesar 9,34% YoY. Kenaikan pendapatan tersebut ditopang oleh pendapatan iklan di televisi yang naik 8,4% YoY.
- Ekonomis
PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perseoran yang bergerak dalam bidang media yang merupakan market leading dengan pangsa pasar mencapai 38%. Perseroan memiliki 3 TV Free-To-Air (FTA ) – RCTI, MNCTV dan GlobalTV – serta 19 channel yang kemas dan disiarkan melalui TV Berlangganan (Indovision). Selain itu, perseroan juga memiliki bisnis pendukung lainnya seperti radio, media cetak, talent management, dan rumah produksi.
- Pelaksanaan Kerja Dapat Dipertanggung Jawabkan
PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perseoran yang bergerak dalam bidang media yang merupakan market leading dengan pangsa pasar mencapai 38%. Perseroan memiliki 3 TV Free-To-Air (FTA ) – RCTI, MNCTV dan GlobalTV – serta 19 channel yang kemas dan disiarkan melalui TV Berlangganan (Indovision). Selain itu, perseroan juga memiliki bisnis pendukung lainnya seperti radio, media cetak, talent management, dan rumah produksi.
- Pembagian Kerja yang Nyata
Perseroan berketetapan sepenuhnya pada penerapan kondisi hubungan kerja yang setara dan adil. Rencana pengembangan Karyawan selalu didasari atas bakat dan kinerja. Perseroan bersama dengan Karyawan harus menciptakan dan menyediakan iklim kerja yang produktif, inovatif, adil dan menyenangkan bagi kesuksesan organisasi dan juga bagi pertumbuhan kemampuan karir, dan kesejahteraan seluruh Karyawan. Menindak para Karyawan yang melaporkan adanya pelaksanaan hubungan kerja yang tidak adil, adalah hal yang dilarang.
- Rasionalitas Wewenang dan Tanggung Jawab
Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Perseroan. Anggota Direksi diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Direksi dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi. Pembagian tugas dan wewenang pengurusan diantara anggota direksi ditetapkan berdasarkan keputusan RUPS, dalam hal RUPS tidak menetapkan maka pembagian tugas dan wewenang anggota Direksi ditetapkan berdasarkan keputusan Rapat Direksi.
- Prosedur Kerja yang Praktis
Untuk penerapan Tata Kelola pada PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) sebagai penyedia jasa dibidang media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar sehingga mampu memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.
Ruang Lingkup O&M di Media Nusantara Citra Tbk
- Analisis Organisasi
- Komunikasi Dalam Organisasi
Perseroan menetapkan kebijakan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dan komunikasi efektif dengan setiap jajaran pemerintah yang memiliki kewenangan pada bidang operasional perusahaan. Karyawan harus menghindari penyelewengan dan/ atau tindakan yang dilarang oleh undang-undang serta kepatuhan.
- Tata Kerja, Prosedur dan System Kerja
Sebagai perusahaan yang dibangun berdasarkan reputasi dan integritas, persepsi pemegang saham dan nasabah memegang peran penting dalam menentukan kemajuan Perseroan. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab seluruh elemen Perseroan di berbagai lini untuk menjaga reputasi dan menunjukan kepada pemangku kepentingan bahwa Perseroan merupakan perusahaan yang memiliki integritas tinggi serta menjunjung etika dalam melaksanakan setiap kegiatannya.Bertindak dengan penuh integritas bukan sekadar berusaha untuk tidak melanggar hukum. Lebih dari itu, harus ada upaya mempertahankan reputasi dengan bertindak jujur dan memperlakukan rekan kerja, nasabah, serta mitra bisnis dengan lebih bermartabat. Pelaksanaan Etika Perusahaan yang berkesinambungan akan membentuk budaya perusahaan yang merupakan manifestasi dari nilai-nilai perusahaan. Etika Perusahaan yang berlaku di Perseroan dituangkan dalam Pedoman Perilaku Perusahaan.
Referensi
- Profindo. (2015) Initiate Coverage Media Nusantara Citra Tbk. Diakses dari: http://profindo.com/content/uploads/2015/02/Initiate-Coverage-PT-Media-Nusantara-Citra-Tbk.pdf. [Diakses pada: 27 Januari 2016]
- MNC. (2015) Gambaran tentang Media Nusantara Citra Tbk. Diakses dari: http://www.mnc.co.id/about-us/id#content. [Diakses pada: 27 Januari 2016]
Media Nusantara Citra Tbk Rajanya Media & Konten
Diposting oleh
Unknown
di
23.21
PT Media Nusantrara Citra Tbk (MNCN) merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang media, penyiaran dan periklanan. Perseroan berdiri pada tahun 1997 dan melantai di bursa efek pada tahun 2007. Saat ini perseroan memiliki 3 stasiun Free To Air yaitu RCTI, MNC TV, Global TV dan satu stasiun baru yang launching di Desember lalu yaitu Sindo TV. Berikut adalah aspek-aspek efisiensi di Media Nusantara Citra Tbk
PT Media Nusantara Citra Tbk, atau MNC, telah mengoperasikan 4 dari 11 stasiun free-to-air (FTA) TV dan memiliki bisnis inti dalam memproduksi dan mendistribusikan konten - konten televisi. Perseroan yang didirikan pada tanggal 17 Juni 1997 merupakan perusahaan publik yang sahamnya telah tercatat dalam Bursa Efek Jakarta (BEI) sejak tanggal 22 Juni 2007, dengan kode saham 'MNCN'.
Selain 4 stasiun TV FTA Perseroan – RCTI, MNCTV, GlobalTV dan iNewsTV – serta 22 channel yang disiarkan di TV-berlangganan MNC Channel. MNC juga memiliki radio, media cetak, talent management dan perusahaan produksi TV, dimana kegiatan usaha tersebut mendukung penuh fokus inti bisnis dari MNC sehingga Media Nusantara Citra Tbk atau MNC bisa dibilang rajanya media dan konten.
Dalam kegiatan bisnis di media televisi, perseroan telah melakukan positioning terhadap tiga stasiun Free To Air, antara lain:
- RCTI akan cenderung ke serial drama
- MNC TV lebih kompleks dengan program serial drama dan animasi anak-anak
- Global TV menekankan ke film-film Hollywood dan event anak muda
New Opportunity in Sindo TV and content
Pada akhir tahun lalu, perseroan telah melakukan launching perdana untuk stasiun TV nasional yaitu Sindo TV. Stasiun TV ini telah memiliki 46 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, fokus utama acara di Sindo TV adalah berita yang terintegrasi dengan grup MNC. Meskipun masih baru, perseroan menargetkan pendapatan pada tahun ini sebesar US$ 20 juta atau berkontribusi sekitar 3% terhadap total pendapatan perseroan. Selain itu, perseroan saat ini memiliki konten hingga 130.000 jam, sehingga peluang bagi perseoran untuk menambah konten lebih banyak.
Efisiensi di Media Nusantara Citra Tbk
Pengertian Efisiensi
Efisiensi adalah Perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input).
Efesiensi merupakan syarat atau ukuran pelaksanaan kerja yang paling tepat sehingga O&M sebagai bantuan teknis dan praktis dalam pelaksanaan fungsi manajemen bisa berjalan lancar yaitu pemaksimalan manfaat sumber-sumber yang dimiliki.
Syarat-syarat Tercapainya Efesiensi
- Efektif
Kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas
Kinerja MNCN pada 3Q14 mengalami pertumbuhan sebesar 6.2% YoY menjadi Rp5,04 triliun dari periode sebelumnya sebesar Rp4,74 triliun. Laba bersih perseroan in line dengan kenaikan sebesar 9,34% YoY. Kenaikan pendapatan tersebut ditopang oleh pendapatan iklan di televisi yang naik 8,4% YoY.
- Ekonomis
PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perseoran yang bergerak dalam bidang media yang merupakan market leading dengan pangsa pasar mencapai 38%. Perseroan memiliki 3 TV Free-To-Air (FTA ) – RCTI, MNCTV dan GlobalTV – serta 19 channel yang kemas dan disiarkan melalui TV Berlangganan (Indovision). Selain itu, perseroan juga memiliki bisnis pendukung lainnya seperti radio, media cetak, talent management, dan rumah produksi.
- Pelaksanaan Kerja Dapat Dipertanggung Jawabkan
PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perseoran yang bergerak dalam bidang media yang merupakan market leading dengan pangsa pasar mencapai 38%. Perseroan memiliki 3 TV Free-To-Air (FTA ) – RCTI, MNCTV dan GlobalTV – serta 19 channel yang kemas dan disiarkan melalui TV Berlangganan (Indovision). Selain itu, perseroan juga memiliki bisnis pendukung lainnya seperti radio, media cetak, talent management, dan rumah produksi.
- Pembagian Kerja yang Nyata
Perseroan berketetapan sepenuhnya pada penerapan kondisi hubungan kerja yang setara dan adil. Rencana pengembangan Karyawan selalu didasari atas bakat dan kinerja. Perseroan bersama dengan Karyawan harus menciptakan dan menyediakan iklim kerja yang produktif, inovatif, adil dan menyenangkan bagi kesuksesan organisasi dan juga bagi pertumbuhan kemampuan karir, dan kesejahteraan seluruh Karyawan. Menindak para Karyawan yang melaporkan adanya pelaksanaan hubungan kerja yang tidak adil, adalah hal yang dilarang.
- Rasionalitas Wewenang dan Tanggung Jawab
Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Perseroan. Anggota Direksi diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Direksi dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi. Pembagian tugas dan wewenang pengurusan diantara anggota direksi ditetapkan berdasarkan keputusan RUPS, dalam hal RUPS tidak menetapkan maka pembagian tugas dan wewenang anggota Direksi ditetapkan berdasarkan keputusan Rapat Direksi.
- Prosedur Kerja yang Praktis
Untuk penerapan Tata Kelola pada PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) sebagai penyedia jasa dibidang media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar sehingga mampu memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.
Ruang Lingkup O&M di Media Nusantara Citra Tbk
- Analisis Organisasi
- Komunikasi Dalam Organisasi
Perseroan menetapkan kebijakan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dan komunikasi efektif dengan setiap jajaran pemerintah yang memiliki kewenangan pada bidang operasional perusahaan. Karyawan harus menghindari penyelewengan dan/ atau tindakan yang dilarang oleh undang-undang serta kepatuhan.
- Tata Kerja, Prosedur dan System Kerja
Sebagai perusahaan yang dibangun berdasarkan reputasi dan integritas, persepsi pemegang saham dan nasabah memegang peran penting dalam menentukan kemajuan Perseroan. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab seluruh elemen Perseroan di berbagai lini untuk menjaga reputasi dan menunjukan kepada pemangku kepentingan bahwa Perseroan merupakan perusahaan yang memiliki integritas tinggi serta menjunjung etika dalam melaksanakan setiap kegiatannya.Bertindak dengan penuh integritas bukan sekadar berusaha untuk tidak melanggar hukum. Lebih dari itu, harus ada upaya mempertahankan reputasi dengan bertindak jujur dan memperlakukan rekan kerja, nasabah, serta mitra bisnis dengan lebih bermartabat. Pelaksanaan Etika Perusahaan yang berkesinambungan akan membentuk budaya perusahaan yang merupakan manifestasi dari nilai-nilai perusahaan. Etika Perusahaan yang berlaku di Perseroan dituangkan dalam Pedoman Perilaku Perusahaan.
Referensi
- Profindo. (2015) Initiate Coverage Media Nusantara Citra Tbk. Diakses dari: http://profindo.com/content/uploads/2015/02/Initiate-Coverage-PT-Media-Nusantara-Citra-Tbk.pdf. [Diakses pada: 27 Januari 2016]
- MNC. (2015) Gambaran tentang Media Nusantara Citra Tbk. Diakses dari: http://www.mnc.co.id/about-us/id#content. [Diakses pada: 27 Januari 2016]
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar