Senin, 03 November 2014
Label:
Ilmu Sosial Dasar
1). Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2). Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3). Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4). Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.
Tugas ke-4
Diposting oleh
Unknown
di
09.05
ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah
ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan
berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah
masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan
keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi,
Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
Seperangkat konsep-konsep dasar atau
pengetahuan dasar ilmu-ilmu sosial interdisiplin atau multi disiplin
dipergunakan sebagai alat pendekatan dalam pemecahan problema-problema yang
timbul dan berkembang dalam masyarakat.
· 2. Tujuan ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Diberikannya
mata kuliah ilmu sosial dasar yaitu dalam rangka usaha untuk memberikan
pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, perpepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga
lebih peka terhadapnya
.
ISD
(ilmu sosial dasar) Ilmu sosial dasar bertujuan membantu
perkembangan, wawasan, pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh
wawasan pemikiran yang lebih luas, dan cirri-ciri kepribadian yang diharapkan
dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususna berkrnaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi masalah-masalah lain, serta
sikap dan tingkah laku manusia satu dengan manusia yang lain.
Dan
ilmu sosial dasar membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian
mahasiswa agar memperoleh wawasan ditingkatkan yg lebih luas dan ciri – ciri
kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan
tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara
timbal balik.
ISD
(ilmu sosial dasar) juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan
pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk
melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi
dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat, sehingga
kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
A. Tujuan umum :
diselenggarakannya
mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian
serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai
gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan
dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran
berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
Menegmbangkan kesadaran mahasiswa
menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai
individu dan mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Menumbuhkan sikap kritis, peka dfan
arif dalam memahami keragaman kesederajatan manusia dengan landasan nilai
estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat
Memberi landasan pengetahuan dan
wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup
bermasyarakat, selaku individu dan mahluk sosial yang beradab dalam
mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya
Mahluk sosial yang beradab dalam
mempraktekan pengetahuan akademik dan keahliannya.
B. . Tujuan khusus:
1). Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2). Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3). Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4). Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.
3.
Perbedaan ISD & IPS
a. Ilmu
Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial
diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu
Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan
Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk
sekolah lanjutan).
c. Ilmu
Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang
Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan
dan ketrampilan intelektual.
4. Persamaan ISD & IPS
a. Kedua-duanya merupakan
bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
b. Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial danmasalah
sosial.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar